Wednesday, October 9, 2019

Miconazole : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pertumbuhan Jamur Di Kulit

Miconazole : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pertumbuhan Jamur Di Kulit


Salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu adalah infeksi jamur. Tidak hanya dapat menyebabkan rusaknya penampilan, infeksi jamur juga dapat menyebabkan kulit terasa sangat gatal sehingga dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari - hari. Penyakit infeksi jamur dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Meskipun tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, penyakit infeksi jamur juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal pada kulit sehingga harus segera diobati. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan infeksi jamur adalah obat miconazole.

Miconazole merupakan obat berbentuk salep atau cream yang berkerja dengan cara mencegah terjadinya pertumbuhan jamur pada kulit manusia. Obat ini merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti kutu air (athlete’s foot), kurap, infeksi jamur pada area selangkangan, panu, dan berbagai infeksi jamur lainnya. Miconazole merupakan jenis obat yang hanya dapat diperoleh dengan menggunakan resep dokter, sehingga anda harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh dokter.

Sebelum anda menggunakan obat ini, cucilah tangan anda hingga bersih. Bersihkan terlebih dahulu kulit yang mengalami infeksi jamur lalu keringkan. Oleskan obat miconazole tipis - tipis pada area kulit yang terinfeksi dan gosoklah perlahan - lahan. Setelah menggunakannya, cucilah kedua tangan anda, kecuali jika infeksi jamur yang diobati berada pada tangan anda. Gunakan salep miconazole hanya pada kulit. Jauhkan obat ini dari mulut, hidung, dan mata karena dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar. Jika dokter belum menyatakan untuk berhenti menggunakan obat ini, maka jangan sekali - kali melakukan penghentian pengobatan. Miconazole merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis miconazole untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk kurap : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama 4 minggu.
  • Dosis dewasa untuk kutu air : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama 4 minggu.
  • Dosis dewasa untuk infeksi jamur candida : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama dua minggu.
  • Dosis dewasa untuk kurap di selangkangan : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama dua minggu.
  • Dosis dewasa untuk panu : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi satu kali sehari selama dua minggu.


Dosis miconazole untuk anak - anak
  • Dosis anak - anak untuk kurap : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama 4 minggu.
  • Dosis anak - anak untuk kutu air : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama 4 minggu.
  • Dosis anak - anak untuk infeksi jamur candida : Oleskan salep tipis - tipis pada area yang mengalami infeksi dua kali sehari selama dua minggu.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, miconazole juga dapat menyebabkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat miconazole, yaitu :
  • Kulit kering
  • Kulit mengelupas




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search